Budidaya Cincau Hitam & Mengenal perbedaan jenis cincau

budidaya cincau hitam

Budidaya Cincau Hitam | Pohon cincau hitam mungkin masih banyak yang belum mengenalnya namun untuk hasil produknya tentu sudah banyak yang mengenalnya karena cincau hitam ini sudah banyak dijual di pasar. Cincau juga dikenal dengan nama janggelan atau cao. Cincau yang sering dijadikan bahan dalam pembuatan es ini memang efektif untuk menghilangkan rasa haus.

Selain itu, cincau juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, misalnya untuk panas dalam dan demam, serta dapat menjadi obat darah tinggi, obat batuk, dll. Untuk itu, banyak dari anda yang mungkin ingin membudidayakan hal tanaman ini namun masih belum mengerti apa yang harus dilakukan. Untuk itu, artikel ini akan menyajikan bagaimana membudidayakan tanaman cincau.

Budidaya Tanaman Cincau Hitam

Penanaman dan perawatan dalam budidaya cincau tergolong mudah. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam pembudidayaan ini. Berikut penjelasannya.

  1. Persiapan lahan

Apapun jenis cincau yang akan anda tanam, hal pertama yang harus anda lakukan yaitu penyiapan lahan yang tepat. Carilah lahan yang sudah dibersihkan dari tanaman pengganggu. Setelah bersih, cangkul lahan tipis- tipis saja. Buatlah lubang berjarak sekitar 50 x 50 cm. Setelah itu, lahan tersebut juga harus diberi pupuk kandang secukupnya. Untuk ukuran 1 hektar, anda dapat memberi pupuknya sekitar 6-9 ton.

  1. Pembibitan

Pembibitan juga penting untuk anda perhatikan. Dalam memilih bibit, pilihlah rumput cincau yang sudah tua. Ukuran tingginya sekitar 15- 20 cm. Jika lahan yang anda siapkan skeitar 1 hektar, maka anda bisa menyiapkannya sebanyak 2,5- 3 ton setek cincau.

  1. Penanaman

Hal yang perlu anda ketahui bahwa tanaman cincau hitam ini membutuhkan cukup air saat pertumbuhannya. Untuk itu, anda harus dapat pastikan kondisi tanahnya tidak terlalu kering. Untuk penanaman sebaiknya dilakukan saat musim hujan. Pada setiap lubang yang sudah anda siapkan bisa ditanami 2-3 setek tanaman cincau di dalamnya. Tanaman yang sudah berusia 5-20 hari tersebut nantinya akan muncul daun- daun baru.

Budidaya Cincau Hitam

  1. Pemeliharaan

Dalam hal pemeliharaan ini, terdapat beberapa langkah yaitu pemupukan yang meliputi pemupukan 1 dan 2, hama dan juga penyakit. Pemupukan 1 dilakukan saat tanaman sudah berusia 1 bulan. Pupuk yang direkomendasikan yaitu pupuk N dan P dengan perbandingan 2 : 1. Sementara pemupukan 2 dilakukan daat tanaman sudah berusia 2 bulan.

Langkah selanjutnya yaitu penyiangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari tanaman pengganggu. Tidak hanya itu, seperti halnya tanaman lain, tanaman cincau juga tidak menutup kemungkinan untuk terkena hama. Hama tanaman cincau pada umumnya ulat daun, rayap putih, ulat jengkal dan uret. Jika hama tersebut masih bisa anda atasi secara manual, namun jika sudah parah, maka bisa digunakan pestisida. Adapun penyakit yang biasa menyerang tanaman cincau yaitu bubuk batang.

  1. Panen

Tanaman cincau siap di panen saat tanaman berusia 4 bulan. Cara panennya yaitu dengan dipotong menggunakan sabit, lalu dijemur hingga kering. Untuk 1 hektar, anda bisa menghasilkan 7,5 hingga 9 ton cincau basah. Jika dikeringkan hasilnya kira- kira 1,5 ton cincau kering.

baca Juga : Mengenal Tanaman Cincau Hitam

Jenis Cincau Di Indonesia

Budidaya Cincau Hitam | Di Indonesia sendiri umumnya terdiri dari 2 jenis cincau yaitu cincau hitam dan hijau. Keduanya bisa digunakan sebagai minuman segar dalam olahan puding. Teksturnya juga sama- sama lembut dan rasanya enak, namun cincau hitam biasanya lebih disukai karena cita rasanya yang khas dan enak. Untuk cita rasa sendiri, hal ini kembali kepada selera masing-masing orang. Daun pada cincau hijau lebih lebar dan besar. Warna daunnya hijau muda dan bentuknya menyirip serta kaku.

Sementara, untuk cincau hitam terbuat dari Mesona Procumbens dan Mesona Chinensis. Cincau hijau tidak hanya dibuat jelly namun juga dipercaya dapat untuk menyembuhkan luka. Itulah sekilas penjelasan mengenai perbedaan cincau hitam dan cincau hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *